5 Ciri-ciri Asam Lambung Naik yang Harus Dihindari

Asam lambung naik atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) merupakan masalah umum yang sering kali diabaikan. Gejalanya bisa terjadi secara bertahap dan seringkali disalah artikan sebagai masalah pencernaan ringan. Namun, mengenali ciri-ciri asam lambung naik penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan dan pengobatan yang tepat.

Gejala yang sering terjadi meliputi rasa terbakar di dada, mulut pahit, dan kadang-kadang sesak napas. Namun, ada juga ciri-ciri yang lebih halus seperti batuk kronis, bahkan gangguan tidur. Untuk lebih jelasnya maka bisa simak dibawah ini:

Apa itu Asam Lambung?

Sebelum menggali lebih dalam mengenai permasalahan terkait kelebihan asam lambung, mari mengupas lebih dahulu tentang esensi cairan asam lambung itu sendiri. Meskipun sering menjadi sorotan negatif, cairan asam lambung memiliki perannya tersendiri bagi tubuh.

Setiap harinya, tubuh menghasilkan cairan asam lambung secara alami. Fungsi utama cairan ini adalah untuk membantu dalam proses pencernaan makanan serta memerangi kuman dan virus berbahaya yang mungkin terdapat dalam makanan.

Dengan kata lain, asam lambung sebenarnya membantu menjaga kesehatan pencernaan dan tubuh kita dalam batas yang wajar.

Namun sayangnya, kelebihan asam lambung dapat menyebabkan cairan lambung naik hingga mencapai organ-organ di atasnya. Apabila hal ini terjadi secara terus-menerus, bisa berpotensi menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Ciri-Ciri Asam Lambung yang Melebihi Batas

Setelah mengetahui pengertian dari asam lambung, kini akan dibahas mengenai ciri-ciri asam lambung naik. Untuk lebih jelasnya maka bisa simak dibawah ini mengenai ciri cirinya:

Baca juga :  6 Manfaat Minum Air Lemon Untuk Kesehatan Badan

1. Sensasi Panas di Ulu Hati

Rasa terbakar di dada, yang umumnya dikenal sebagai heartburn, sering diidentifikasi sebagai tanda yang sering muncul pada individu yang menderita kelebihan asam lambung. Sensasi ini biasanya dirasakan lebih intens saat seseorang berbaring dengan posisi dada sejajar dengan tubuhnya atau ketika membungkuk.

Hal ini disebabkan oleh naiknya asam lambung dari lambung ke esofagus, yang dapat menimbulkan rasa terbakar yang tidak nyaman di daerah ulu hati. Fenomena ini bisa terjadi karena adanya gangguan pada katup antara lambung dan esofagus, yang menyebabkan asam lambung bergerak ke arah atas.

2. Sering Merasa Mual

Mual adalah gejala lain yang sering dihubungkan dengan kelebihan asam lambung. Sensasi mual ini bisa terjadi karena perut terasa kembung, yang juga merupakan ciri khas dari kondisi kelebihan asam lambung.

Kelebihan asam lambung bisa mengganggu keseimbangan normal dalam sistem pencernaan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan perut terasa penuh dan mual.

3. Bersendawa Terus Menerus

Ketika asam lambung naik ke esofagus, saluran tersebut cenderung lebih sering terbuka dari biasanya. Ini dapat menyebabkan individu menelan udara lebih banyak dari yang seharusnya.

Akibatnya, seringkali seseorang akan mengalami bersendawa secara berkelanjutan sebagai upaya tubuh untuk mengeluarkan udara berlebih. Bersendawa secara berlebihan dapat menjadi salah satu tanda bahwa asam lambung telah mencapai tingkat yang mengganggu dalam sistem pencernaan.

4. Sensasi Asam atau Pahit di Kerongkongan

Gejala ini merupakan kerugian asam lambung yang naik hingga tenggorokan. Saat asam
Sensasi asam atau pahit di tenggorokan adalah gejala lain yang sering terjadi pada individu dengan kelebihan asam lambung. Ketika asam lambung mencapai esofagus, sisa-sisa makanan yang belum tercerna juga dapat terbawa bersamanya.

Baca juga :  bantuan sosial untuk masyarakat kapan pkh cair tahun 2020

Hal ini dapat menyebabkan sensasi tidak nyaman di tenggorokan, yang sering dijelaskan sebagai rasa terbakar atau pahit. Sensasi ini bisa menjadi tanda bahwa asam lambung telah mencapai tingkat yang mengganggu dalam sistem pencernaan dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan.

5. Radang Tenggorokan

Jika terlalu sering terpapar oleh cairan lambung yang bersifat asam, tenggorokan dapat mengalami kerusakan dan iritasi. Akibatnya, luka atau peradangan dapat terbentuk pada jaringan tenggorokan.

Radang pada tenggorokan merupakan komplikasi serius dari kelebihan asam lambung yang tidak terkontrol, dan dapat meningkatkan risiko kesulitan menelan makanan serta mengganggu kenyamanan dan kualitas hidup individu yang terkena dampaknya.

Itulah penjelasan dari ciri-ciri asam lambung naik. Pada pembahasan di atas tadi terdapat pengertian asam lambung dan ciri-ciri dari asam lambung yang naik melebihi kapasitas. Bagi yang memiliki riwayat asam lambung dan ketika asam lambung naik, maka harus secepat mungkin untuk diobati.

lock" data-ad-client="ca-pub-3769951651532537" data-ad-slot="8665803941" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">