in

Inilah 5 Makanan Pagi Hari Agar Tetap Sehat, Cocok untuk Menu Sarapanmu

Makanan Pagi Hari

Inilah 5 Makanan Pagi Hari Agar Tetap Sehat, Cocok Untuk Menu Sarapanmu
Inilah 5 Makanan Pagi Hari Agar Tetap Sehat, Cocok untuk Menu Sarapanmu

Trendingnesia.ComMakanan Pagi Hari – Mengkonsumsi makanan yang sehat di pagi hari termasuk salah satu cara terbaik dalam memulai aktivitas agar harimu bisa berjalan dengan baik. Kamu wajib memastikan makanan yang masuk dalam tubuh memang benar-benar sehat.

Hal ini dimaksudkan agar terpenuhinya nutrisi tubuh. Dengan begitu tubuhmu bisa mempunyai energi yang tahan lama dan meningkatkan fokus pada aktivitas yang kamu jalani.

Makanan pagi hari yang kamu konsumsi sebaiknya mengandung protein, serat ringgi dan juga lemak. Dari ke semua itu bisa kamu dapatkan pada sayur dan buah-buahan segar, oatmeal, telur, dan juga roti gandum Utuh. Mau tahu penjelasan singkatnya? Simak tulisan di bawah ini.

Makanan Pagi Hari yang Sehat Agar Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Inilah beberapa menu sehat makanan pagi hari yang bisa kamu konsumsi untuk memulai hari agar tetap sehat sepanjang hari:

1. Sayur dan Buah-buahan Segar Sangat Bagus untuk Menu Sarapan

Makanan pagi hari yang wajib kamu konsumsi yang pertama adalah sayur dan  buah-buahan segar. Sayur dan buah kaya akan antioksidan yang bisa membantu menangkal radikal bebas. Selain itu sayur dan buah juga kaya serat lho.  Ini sangat bagus untuk sistem pencernaan kita.

Inilah 5 Makanan Pagi Hari Agar Tetap Sehat, Cocok Untuk Menu Sarapanmu
sayur dan buah-buahan segar sangat bagus untuk menu sarapan

Buah memiliki kandungan gula alami sehingga baik buat kamu yang sedang menjalankan program diet. Buah juga dapat memperlambat penyerapan gula dalam tubuh. Alhasih kamu akan mendapatkan sumber energi yang awet dan stabil serta membuatmu kenyang lebih lama.

 

2. Oatmeal Merupakan Makanan Pagi Hari yang Menyehatkan

Makanan pagi hari yang juga bisa membuatmu kenyang lebih lama adalah oatmeal. Jadi tidak heran jika sebagian orang lebih memilih oatmeal untuk menu sarapan ketimbang makanan berat seperti nasi.

Oatmeal merupakan makan yang terbuat dari gandum asli, mengandung serat unik atau beta glucan yang bisa membantu mengatasi diabetes dan kolesterol.

Kamu bisa menyajikan oatmeal sebagai makanan pagi hari dengan menambahkan susu agar protein dalam oatmeal bisa bertambah Karena, makanan ini hanya mengandung 10 gram protein dalam 81 gram oatmeal.

Baca Juga :

 

3. Telur Sebagai Makanan Pagi Hari Sumber Protein

Selanjutnya makanan pagi hari yang bisa kamu konsumsi sebelum memulai aktivitas adalah telor. Telur mengandung protein yang tinggi dan membutuhkan waktu untuk mencernanya. Dengan sarapan telur kamu bisa merasakan kenyang lebih lama dan tentu ini akan menghindarkanmu dari rasa ingin makan.

Inilah 5 Makanan Pagi Hari Agar Tetap Sehat, Cocok Untuk Menu Sarapanmu
telur sebagai makanan pagi hari sumber protein

Selain protein, makanan bulat ini juga mengandung kolin yang baik untuk kesehatan otak dan hati. Makanlah telur 2 sampai 6 butir per minggu. Pembatasan ini dimaksudkan untuk mencegah meningginya kadar kolesterol dalam darah.

 

4. Roti Gandum Utuh yang Kaya Akan Serat dan Karbohidrat kompleks

Bagi kamu yang tidak ingin ribet dengan makanan pagi hari, kamu bisa memilih roti gandum utuh sebagai menu sarapan. Makanan yang kaya akan serat dan karbohidrat kompleks ini membutuhkan waktu yang lambat untuk dicerna tubuh sehingga tidak menimbulkan lonjakan kadar gula darah.

Kamu bisa mencoba mengkonsumsi roti gandum utuh dengan tambahan telur dadar, cabe, selai kacang irisan buah, ikan tuna untuk melengkapi nutrisinya. Jika ingin menambah serat dan protein, kamu bisa mengkonsumsi dengan porsi 2 lapis.

 

5. Selai Kacang adalah Menu Makanan Pagi Hari yang Tepat

Satu lagi, menu makanan pagi hari yang bisa kamu coba adalah selai kacang. Kamu bisa menambahkan selai kacang pada sajian buah, sebagai olesan roti gandum utuh, dan lainnya. Selai kacang ini sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Inilah 5 Makanan Pagi Hari Agar Tetap Sehat, Cocok Untuk Menu Sarapanmu
selai kacang adalah menu makanan pagi hari yang tepat

Protein yang terkandung dalam 2 sdm selai kacang adalam 8 gram.Bukan hanya itu, lemak tak jenuh dari selai kacang juga sangat baik untuk kesehatan jantung.

Untuk memastikan selai kacang yang kamu gunakan tersebut baik untuk kesehatan, kamu harus membeli selai kacang asli tanpa tambahan lemak dan gula serta garam berlebihan. Setidaknya kurang dari 140 mg pada tiap porsinya.

Itulah tagi beberapa ragam makanan pagi hari yang bisa kamu konsumsi sebagai menu sarapan. Dengan sarapan yang sehat tentu akan membuatmu lebih sehat, kenyang lebih lama, dan yang pasti akan menambah daya fokus dan mengubah suasana hatimu menjadi lebih baik.

Report

Written by Shalys Chan

Penulis online, baik fiksi maupun non-fiksi.
Siap Menulis untuk Website-mu

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *